Breaking News
recent

City Sanitation Summit (CSS) Ke-XVI





Sanitasi Baik Masyarakat Sehat

TANAH DATAR-Banda Aceh. 

Sanitasi yang baik tentu akan menyehatkan masyarakat dan bangsa akan lebih sejahtera, hal itu disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, pada saat membuka secara resmi City Sanitation Summit (CSS) ke-XVI yang diadakan Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Kamis, (24/11) di AAC Dayan Dawood Darussalam Banda Aceh Provinsi Aceh.
Acara yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti oleh hampir dari seluruh anggota AKKOPSI yang pada tahun 2016 ini sudah mencapai 467 kabupaten/kota seluruh Indonesia.
Puan Maharani sampaikan, asosiasi ini mendorong perbaikan sanitasi karena masih banyak program ini yang belum terselesaikan. Saat ini lebih 120 juta penduduk Indonesia belum mempunyai sanitasi yang baik, hal ini tentu menjadi kajian kita bersama, ucapnya.
Masalah sanitasi tidak semata menjadi tanggungjawab pemerintah pusat namun pemerintah daerah harus bersinergi dengan adanya wadah ini. Sehingga raker yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk penguatan kelembagaan dan mobilisasi untuk menciptakan sanitasi yang mengikuti pola hidup masyarakat dan juga untuk kelestarian lingkungan hidup, pungkasnya.
Puan tambahkan kegiatan yang kita laksanakan ini jangan hanya seremonial belaka, namun kita pemerintah kabupaten/kota harus punya komitmen bersama membangun daerah. Program pemerintah pusat terutama kementerian terkait harus juga seiring dengan program daerah sehingga terciptanya sanitasi yang baik untuk seluruh rakyat Indonesia, jelas Puan Maharani.
Raker yang dihadiri pimpinan daerah kabupaten/kota anggota AKKOPSI, termasuk Tanah Datar yang dihadiri Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi Kabid Cipta Karya Ten Feri, ST, Bappeda PM Efi Safitri, ST, M.Si dan Bagian Dalbang Setda Tanah Datar Fifiet Adriyani, ST ini mengikuti beberapa agenda kegiatan termasuk konferensi dengan dua sesi diskusi panel, yakni talkshow empat kementerian plus MUI dan talkshow kepala daerah.
Plt. Wali Kota Banda Aceh Ir. H. Hasanuddin Ishak, MSi. sebelumnya pada saat jamuan makan malam dengan bupati/wali kota anggota AKKOPSI ini sampaikan rasa hormat dan ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah kegian tersebut. Ia sampaikan mudah-mudahan AKKOPSI sebagai wadah bagi kabupaten/kota yang peduli sanitasi dapat berkontribusi secara optimal, ujarnya.
Pada kesempatan tersebut Plt. Wali Kota Banda Aceh memberikan cenderamata kepada bupati/walikota yang hadir. Kabupaten Tanah Datar diterima langsung Wakil Bupati Zuldafri Darma. (alinurdin)


No comments:

Powered by Blogger.