Breaking News
recent

TANAH DATAR AKAN BERALEK GADANG.



Tanah datar.
Pesona Festival Budaya Minangkabau akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung, iven tersebut akan dihadiri oleh masing-masing utusan dari 19 kabupaten/kota se Sumbar, provinsi tetangga Riau dan Jambi serta dari negara tetangga Malaysia dan Singapura.
Agenda festival budaya Minangkabau ini merupakan pengembangan dari festival Pagaruyung dan akan berlangsung selama tiga hari pada 27 hingga 29 Oktober mendatang direncanakan akan dibuka oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla. "Dalam mensukseskan iven ini kita melibatkan semua unsur masyarakat Tanah Datar, perantau, tokoh Minang baik yang di Sumbar maupun yang berdomisili di rantau, kita telah menggelar rapat persiapan beberapa kali dan semoga Bapak Wapres bisa hadir untuk membukanya secara resmi, namun jika Wapres tidak dapat hadir agenda akan dibuka Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," sebut Bupati Irdinansyah, Rabu (21/9).
Selain Pesona Festival Budaya Minangkabau itu, sebut bupati, sebelumnya pada tanggal 23 dan 24 Oktober juga digelar agenda pacu kuda di Bukit Gombak dan tanggal 25 - 26 Oktober juga dilaksanakan Gerakan Silat Budaya (GSB) dan saat penutupan Festifal Budaya Minangkabau pada 29 Oktober tersebut juga digelar pacu jawi di Sungai Tarab dan malam harinya digelar acara puncak alek Minangkabau di Batusangkar.

"Nanti juga akan ada penampilan para bundo kanduang dari masing-masing nagari se Tanah Datar, 15 jamba tiap nagari akan hadir di Pagaruyung, kemudian seribu talempok pacik juga akan mengiringi lagu-lagu daerah dan nasional dan ini direncanakan akan mampu memecahkan rekor Muri. Kita harapkan masyarakat Tanah Datar khususnya untuk turut hadir dan mensukseskan alek Minangkabau ini," harap bupati.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.