Breaking News
recent

NAGARI SUMPU MENJADI TEMA FESTIVAL DANAU SINGKARAK.




Tanah Datar.
Festival Danau Singkarak dimulai,mengambil tema “Pesona Sumpu”mampu mendongkrak kunjungan ke alek tahunan tersebut,betapa tidak dianugerahi keindahan alam dan kaya dengan kulinernya seperti bilih,Panagek sumpu,singgang dan Rendang serta buah sawaonya ,Nagari Sumpur yang berada di tepian Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar pantas mendapatkan apresiasi dengan mencatumkan dan menjadi tema dari Pestival Danau Singkarak tahun ini.
 Kekayaan potensi yang dimiliki Nagari Sumpur yang menjadi bagian dari keindahan alam Sumatera Barat diperkenalkan di Festival kebanggaan rang Tanah Datar yang dilaksanakan dari tanggal 1-2 Juli 2017 yang dibuka langsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang dipusatkan di Batu Barabuang nagari Sumpur kecamatan Batipuh Selatan.
Turut hadir pada pembukaan tersebut anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe, anggota DPRD Tanah Datar Afrizal Moetwa, Forkopimda, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdiannsyah Tarmizi Sekda Hardiman, Pimpinan OPD, Camat, Walinagari, Sekjen Masyarakat Minang Negeri Sembilan Malaysia Syahrial Bin Tarmizi dan Perantau KKTD/IKTD se Nusantara, serta ratusan wisatawan lokal dan mancanegara.
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan bangga dengan keindahan dan pesona danau Singkarak khusus nagari Sumpur, namun semua itu perlu kita jaga dan lestarikan keindahan alam serta kita akan jadikan agenda rutin tahunan sebagai salah satu untuk destinasi pariwista Tanah Datar, kata bupati.
“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah mengelenggarakan kegiatan ini dalam mendukung destinasi pariwisata di kabupataen Tanah Datar”, kata Irdinansyah.
Bupati juga tambahkan Sumpur juga kaya dengan kelezatan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawonya yang manis semua itu diharapkan bisa kita jaga dan kita promosikan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar khususnya ke nagari Sumpur.
Bupati juga berharap  dengan diadakannya Festival Danau Singkarak 2017 ini  dapat mempererat silaturahmi, melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur di masa datang. Yang mana nantinya berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat, terutama untuk masyarakat Nagari Sumpur, harap bupati.
Untuk ke depannya bupati tegaskan bagi pedagang yang berada di pinggiran danau secepanya akan ditata dan ditertibkan dan dalam waktu dekat akan dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) dan akan dituangkan dalam peraturan daerah, pungkas Bupati.
Sebelumnya tokoh masyarakat Sumpur Afrizal Moetwa yang sekaligus anggota DPRD Tanah Datar menyampaikan kegiatan ini sangat baik daan harus kita dukung sepenuhnya dan kita harapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan khususnya pacu biduak yang merupakan kegiatan yang sangat diminati oleh masyarakat bahkan perantau yang sengaja pulang untuk menyaksikan alaek anak nagari Sumpur, harapnya.
Sementara itu anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe juga sampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka melestarikan tradisi masyarakat seperti lomba pacu biduak, lomba kuriner dan seni anak nagari, “saya mendukung kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan sebagai salah salah satu tujuan wisata sebagai sarana hiburan bagi perantau yang yang pulang kampung dalam rangka berlebaran”, ungkap Betty Shadiq.
Hal senada juga dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Kamrita, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan melalui Even Pesona Sumpur Danau Singkarak 2017 kita wujudkan nagari Sumpur sebagai pariwisata nusantara dengan motto “Basamo mangko Manjadi”, ungkapnya.
Kamrita juga tambahkan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini (1-2 Juli 2017) disi dengan berbagai kegiatan lomba di antaranya lomba seni dan budaya anak nagari, pacu biduak, dekorasi dan modifikasi biduakmanjalo di ate biduak, lomba fotografi, kuliner, mancing mania dan penampilan basilek dalam aia.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan Pagelaran Seni dan Budaya anak Nagari Sumpur ini  akan menampilkan aneka tari, pertunjukkan randai, dan pertunjukkan musikal Talago Buni dan ada dimeriahkan dengan arak-arakan Bundo Kanduang Nagari Sumpur yang menjunjung talam.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.