Breaking News
recent

LOMBA NAGARI BERPRESTASI 2017 NAGARI LUBUK JANTAN WAKILI TANAH DATAR DITINGKAT PROVINSI








Batusangkar –
Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar dipilih mewakili Kabupaten Tanah Datar untuk mengikuti lomba nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2017.

Hari ini, rabu (10/5) Ketua Tim penilai dari tingkat propinsi beserta anggota datang langsung ke Nagari ini untuk melakukan penilaian sekaligus memferifikasi data dengan kondisi yang ada dilapangan.

Menurut Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat acara penilaian lomba nagari tingkat propinsi Sumbar di kantor wali nagari setempat mengatakan, tatanan fisik dan juga managemen yang terlihat di Nagari Lubuk Jantan sekarang, merupakan potret asli dari pemerintahan di nagari tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, sejauh pandangan dan penilaian Pemerintah Kabu­paten Tanah Datar, Nagari Lubuk Jantan yang berpenduduk 9.961 jiwa ini sangat berpeluang mendapat prestasi di tingkat Sumbar, bahkan diharapkan dapat mengukir prestasi di tingkat Nasional. 

“Kita tentu sangat berharap tim penilai dalam lomba nagari berprestasi di tingkat propinsi ini menilai secara objektif dan transparan sehingga dapat melahirkan nagari yang betul betul berprestasi", kata Irdinansyah Tarmizi. 

Disampaikan, pemerintah setempat sudah melakukan penilaian yang objektif bahkan penilaian ini sudah mencakup bidang pembangunan, managemen, administrasi, sosial, budaya dan ekonomi sehingga menjadikan Lubuk Jantan yang memiliki luas wilayah 7.894 ha ini sebagai utusan nagari berprestasi dari Kabupaten Tanah Datar.

Nilai lebih lainnya yang ada di Nagari Lubuk Jantan diantaranya​, disini pilar tungku tigo sajarangan, tali tigo sapilin dan orang arif bijaksana bahu membahu dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan serta pembinaan masyarakat. Sehingga tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan, ujar Irdinansyah.

Selain itu tingginya partisipasi masyarakat nagari Lubuk Jantan, baik yang ada di perantauan maupun yang di kampung halaman terhadap pembangunan nagari juga merupakan nilai tambah yang patut di pertimbangkan oleh tim, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Nagari Berprestasi Provinsi Drs. Syafrizal Dt. Nan Batuah yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Propinsi Sumatera Barat, dalam sambutannya menerangkan bahwa kriteria penilaian nagari berprestasi tahun 2017 ini meliputi inovasi masyarakat yang ada di nagari, kesesuaian data dan tingginya partisipasi masyarakat.

"Dari tiga kategori itu kita akan melakukan penilaian lebih rinci lagi, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga ke­masyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan muatan lokal", tambahnya.

Dia juga mengatakan, penilaian nagari berprestasi kali ini sebagai ajang pembenahan secara terus-menerus pembangunan di setiap nagari yang ada di propinsi Sumbar.

"Apapun hasil yang dicapai dalam perlombaan nagari sekarang harus dijadikan sebagai wadah motivasi bagi seluruh pemerintah nagari yang ada di Tanah Datar ini" ungkap Syafrizal.

Sementara itu Wali Nagari Lubuk Jantan Riki Aprizaldi, dalam eksposnya​ mengatakan Nagari Lubuk Jantan memiliki banyak potensi unggulan yang bernilai ekonomi tinggi seperti usaha pengasapan ikan, usaha pupuk kandang dan kompos serta pertanian.

Penilaian Nagari berprestasi tahun 2017 ini juga dihadiri oleh Forkomfinda Tanah Datar, kepala OPD se-Tanah Datar, ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar, camat se-Tanah Datar, wali nagari se-Tanah Datar, tenaga pendidik, kesehatan, ninik mamak, perantau dan tokoh masyarakat Nagari Lubuk Jantan.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.