Breaking News
recent

MUHAMMADIYAH CABANG BATIPUH HILIR JADI PERCONTOHAN TINGKAT NASIONAL.








Tanah datar.
Berbagai program pembinaan keumatan terus digelorakan untuk terwujudnya Tanah Datar yang madani. Tidak cukup pemerintah daerah tetapi dukungan elemen masyarakat sangat dibutuhkan. Demikian Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sampaikan pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batipuh Hilir dan X Koto di Masjid Taqwa Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (12/03).
"Pemerintah daerah terus menggelorakan program magrib mengaji, shalat subuh berjamaah dan program tahfiz ke tengah-tengah masyarakat serta program-program lainnya," urai bupati.
Lanjutnya, program ini harus didukung oleh semua unsur masyarakat, tanpa dukungan program-program tersebut hanya sebatas di awang-awang saja dan tidak pernah menyentuh ke dasar.
Bupati dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya kepada organisasi Muhammadiyah dan seluruh kadernya turut mendukung dan mengajak masyarakat luas menghidupkan kembali nilai-nilai agama untuk Tanah Datar yang lebih baik.
Apresiasi juga disampaikan bupati, "Kontribusi Muhammadiyah dan Aisyiah sudah sangat nyata dalam membangun umat di bidang SDM, ekonomi dan keagamaan" sebut bupati.
Senada dengan itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PMW) Sumatera Barat Shofwan Karim Elhussein menyampaikan  Gerakan Muhammadiyah bercirikan semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang maju dan terdidik.
"Semangat membangun umat ini yang harus terus dipelihara di kalangan kader Muhammadiyah," pesan Buya Shofwan.
Lebih lanjut Buya Shofwan mengingatkan Organisasi Muhammadiyah sebuah organisasi keumatan yang besar tetapi jangan sampai terlena, perlu terus membesarkannya.
Muhammadiyah yang lahir di Yogyakarta namun menjadi besar di Sumatera Barat memiliki modal dengan berbagai badan amal di antaranya sekolah, universitas, panti asuhan, masjid dan lainnya.
"Modal besar ini yang harus dibuat lebih besar lagi," pesannya sesuai dengan semangat pembaharuan Muhammadiyah.
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pabasko Abizar Lubis yang membawahi 5 cabang memuji semangat kader Muhammadiyah di Batipuh Selatan.
"Cabang Batipuh Hilir (red- Batipuh Selatan) telah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat sebagai Cabang Percontohan tingkat nasional," ungkap Buya Abizar.
Lebih istimewa lagi, Cabang Batipuh Hilir tepatnya di Padang Laweh Malalo menurut sesepuh Muhammadiyah Batipuh Hilir Sofyan Pakiah Sulaiman, setelah Muhammadiyah dibentuk di Padang Panjang tahun 1925 setelah itu tahun 1926 dibentuk organisasi Muhammadiyah di Padang Laweh Malalo langsung oleh Buya Abdul Karim Amrullah yang juga ayahanda Buya Hamka.
"Ini perlu kita catat dalam sejarah Muhammadiyah dan perlu ditulis ulang dalam sebuah buku" sebut buya Shofwan yang mengaku baru mendengar sejarah ini.
Di kesempatan itu juga diletakkan batu pertama pembangunan lanjutan panti asuhan Muhammadiyah yang memiliki 70 anak asuh.
Ketua Panitia Pembangunan Syofyan Pakiah Sulaiman mengungkapkan pembangunan lanjutan panti asuhan merupakan bentuk kepedulian terhadap anak-anak kurang beruntung yang dibiayai melalui donatur selain itu Cabang Batipuh Hilir juga memiliki 3 masjid dan MTs Muhammadiyah.
Juga dikukuhkan pengurus PCM dan PCA masa bhakti 2015-2020, terpilih Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batipuh Hilir Joni Wahyudi Pakiah Bandaro dan Ketua Pimpinan Cabang Aisyiah (PCA) Batipuh Hilir Elfira.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.