Breaking News
recent

LPPM IAIN BATUSANGKAR LAKUKAN KERJASAMA DENGAN KECAMATAN SUMPUR KUDUS SIJUNJUNG









Tanah datar.
“IAIN Batusangkar siap membantu pengembangan dan pendampingan bagi masyarakat Sumpur Kudus, baik dari segi penelitian, pandangan akademis serta pengabdian masyarakat,"
Hal ini disampaikan oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. Kasmuri di Batusangkar Kepada Rakyat sumbar  Jumat sekaitan dengan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia maupun sumber daya alam
kerjasamaLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar melakukan dengan tiga nagari di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung
Ia menyebutkan keterbukaan IAIN Batusangkar sebagai perguruan tinggi Agam dengan sumber daya manusia yang bisa diandalkan pada kerjasama ini.

“Kita siap membantu sesuai program Perwujudan Kampung Islami, kita bersama-sama membangun demi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sumpur Kudus,” katanya.

Ia menyampaikan dengan saling membuka komunikasi bagi kedua belah pihak dalam menggali potensi Sumpur Kudus ke depan maka akan menjadi lebih baik.

Sementara itu Ketua LPPM IAIN Batusangkar Yusrizal Efendi, M.Ag mengatakan tiga nagari yang melakukan kerjasama itu adalah Nagari Kumanis, Tanjung Bonai Aur dan Tanjung Bonai Aur.

Ia menjelaskan penandatanganan kesepakatan bersama itu dilakukan oleh Wali Nagari Kumanis Sumiki Kamel, Wali Nagari Tanjung Bonai Aur Adam dan Tanjung Bonai Aur Selatan Hendri.

Penandatangan itu juga disaksikan Kepala BPNPM Sijunjung Syahrial, Camat Sumpur Kudus Syamsu J, Wakil Rektor III dr. Rizal, Kepala Pusat Pengabdian Drs. Afwadi, dan Kepala Pusat Studi Gender Dr. Wahidah Fitriani.

Yusrizal menyampaikan ketiga pemerintah nagari itu sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang-bidang yang menjadi kompetensi LPPM khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat dalam realisasi program bernama Perwujudan Kampung Islami.

"Program tersebut meliputi pembentukan dan peningkatan kapasistas kelompok rumah industri, pemberantasan buta huruf luran dengan metode Rubaiyat, pelatihan pembuatan gula semut dari gula aren, pelatihan .(ALINURDIN)

No comments:

Powered by Blogger.