Breaking News
recent

KEMENAG TANAH DATAR LAKUKAN PENGGALIAN PERTAMA PEMBANGUNAN ASRAMA SISWA MTsN PANINJAUAN X KOTO.




Tanah datar.
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar Drs. H. Malikia, MA melakukan penggalian Pondasi Pertama Pembangunan Asrama Siswa MTsN Paninjaun Kec. X Koto Rabu  ( 11/1 ) yang berlokasi di Komplek Madrasah tersebut.
Hadir dalam acara penggalian pertama pondasi asrama MTsN Paninjauan itu Kapolsek X Koto Yuhendri, Kasi Penmad Drs. Yusmarli, MA , Ketua Komite Z.A Dt. Tambijo, Walinagari Suardi Dt. Mantari Kayo, Kepala Puskesmas X Koto, Alumni MTsN Paninjauan dan Tokoh Masyarakat perantau Kec. X Koto.
Menurut Kepala MTsN Paninjauan Drs. H. Tarmizi melalporkan pembangunan asrama madrasah yang berukuran 25 x 12,5 meter itu dibangun bertingkat dua dengan jumlah kamar sebanyak 24 buah dan dilengkapi meubiler dengan memanfaatkan dana swadaya masyarakat , perantau, para pengusaha ,  pedagang dan masyarakat Kec. X Koto.
Diperkirakan pembangunan Asrama Siswa MTsN Paninjauan itu sampai selesai diperkirakan  akan menelan biaya pembangunannyasebesar Rp. 2, 6 Milyar . semua dana tersebut berasal dari sumbangan para perantau , pengusaha dan masyarakat Kecamatan X Koto .
Sementara bahan untuk pembangunan asrama tersebut saat ini telah mengalir sumbangan dari berbagai sumber masyarakat berupa 181 Zak Semen, sumbangan berupa uang tunai sebesar Rp. 6 juta 200 ribu.   Selanjutnya Panitia Pembangunan Asrama MTsN Paninjauan selalu mengharapkan partisipasi dan uluran tangan serta sumbangan dari berbagai donatur dan masyarakat Kec. X Koto baik yang berada di kampung halaman maupun yang berada di perantauan.
Menjelang selesainya pembangunan Asrama tersebut orang tua siswa MTsN Paninjauan sangat mendukung dengan keberadaaan asrama tersebut. Dukungan itu dibuktikan dengan kesediaan mereka melakukan goro bersama setiap minggunya untuk melanjutkan pembangunannya.
Smenetara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar Drs. H. Malikia, MA dalam arahannya ketika memulai penggalian Pondasi Asrama MTsN Paninjauan itu mengatakan dengan keberadaan Asrama siswa MTsN Paninjauan tersebut mampu meningkatkan derajat madrasah sekaligus peningkatan mutu pendidikan terutama di bidang Agama.
Seperti yang tertuan dalam undang-undang Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa madrasah itu merupakan sekolah umum yang bercirikan Agama Islam.  Jadi Pendidikan Agama Islam pada madrasah lebih banyak dari sekolah umum, itulah ciri khasnya.
Dengan telah dibangunya asrama siswi di MTsN Paninjauan tersebut setidaknya mampu menyaingi MTsN Ganting Padang Panjang. Jika Asrama itu telah selesai dibangun maka ia yakin sekolah dan madrasah dari Kecamatan lain akan berminat untuk memasukkan anaknya ke MTsN Paninjauan tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Ka Kankemenag mengajak masyarakat , perantu , pemerintah Kecamatan X Koto, para orang tua wali siswa, pengusaha, alumni untuk mendukung keberadaan asrama tersebut . Mari kita berikan sumbangan baik moril, materil, tenaga  dan lain sebagainya demi terwujudnya pembangunan asrama tersebut.
Dengan dimulainya penggalian  pertama pondasi Asrama itu,  Ka Kankemenag memberikan apresiasi yang tinggi kepada tokoh masyarakat Kec. X Koto, para pedagang, pengusaha, dan orang tua wali siswa karena telah rela mengorbankan harta, waktu dengan sepenuh hati demi kelancaran pembangunan asrama Siswa tersebut.(alinurdin)



No comments:

Powered by Blogger.