Breaking News
recent

BETTY SHADIQ PASADIGOE IMBAU LESTARIKAN PAKAIAN ADAT MINANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.









Tanah Datar.
Pakaian adat minangkabau sudah menjadi identitas kita, maka peruntukan pakaian adat seyogyanya dipakai setiap hari, wajib dipakai pada prosesi adat.
Hal ini disampaikan oleh Betty Shadiq Pasadigoe anggota DPR RI saat diwawancarai oleh Rakyat Sumbar kemarin di Batusangkar.
Menurut istri mantan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigoe ini selain masakannya yang sangat familiar baik di kancah nasional, maupun mancanegara, Sumatera Barat juga dikenal memiliki kebudayaan yang sangat menarik. Kebudayaan yang terpupuk subur sejak masa silam tersebut hingga kini bahkan tetap terjaga dengan baik. Masyarakat Minangkabau sejak dahulunya diketahui sangat kuat dalam mempertahankan adat dan budayanya. Salah satu adat dan budaya tersebut misalnya dalam hal berpakaian dan semangat gotong royong.
“Pakaian adat kita yang sangat dikenal di kancah nasional adalah Pakaian yang bernama pakaian Bundo Kanduang atau Limapeh Rumah Nan Gadang karena selain sederhana juga  memiliki keunikan terutama pada bagian penutup kepalanya yang berbentuk menyerupai tanduk kerbau atau atap rumah gadang” Jelasnya.
Menurutntya,untuk mengimbangi serbuan budaya dari mancanegara di era globalisasi, Betti mengungkapkan masyarakat khususnya pecinta seni dan budaya dituntut mampu mengembangkan pakaian adat minangkabau agar masyarakat tidak jenuh. "Pakaian aadat harus terus dimodivikasi supaya dapat melahirkan desainer minang yang handal dan profesional," katanya.
Selanjutnya, betti juga menyampaikan tradisi gotong royong perlu dibumikan kembali masyarakat minangkabau. juah sebelum revolusi mental orang minangkabau sudah mengenal konsep samo dan basamo (sama dan bersama.red), nilai tradisi gotong royong segala sesuatu dilakukan dengan bersama sehingga pekerjaan yang sulit menjadi mudah.
Terakhir Betty menghimbau kaum perempuan minang khususnya warga Tanah Datar menghidupkan kembali pakaian adat minang dan membangkitkan kembali tradisi gotong royong di tengah masyarakat.
Kunjungan Betti Shadiq Pasadigoe sebagai Anggota DPRRI dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) beserta  rombongan selain menghadiri pacu jawi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) juga untuk menyerap aspirasi dari masyarakat setempat.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.