Breaking News
recent

312 MUSTAHIQ TANAH DATAR TERIMA ZAKAT PRODUKTIF .












Tanah datar.
Sebanyak 312 mustahiq Tanah Datar terima santunan zakat produktif dari Bzanas Tanah datar kemarin di Mesjid Pagaruyung Batusangkar.
 Dana sebesar Rp 1,06 Milyar tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma  kepada 312


"Pemerintah daerah mengharapkan para penerima zakat produktif ini dapat memanfaatkan dengan baik serta dituntut kesungguhan dan ketekunan untuk mengelola bantuan tersebut," Kata  Zuldafri Darma saat menyerahkan zakat tersebut.

Ia mengapresiasi program dan prestasi Baznas Tanah Datar dalam mengelola dana zakat dengan menyalurkannya kepada penerima yang tepat, terarah, dan berkelanjutan.

"Ke depan, diharapkan kesadaran umat semakin tinggi untuk menunaikan salah satu rukun Islam yang mempunyai dampak langsung bagi masyarakat," katanya.

Wabup menyebutkan melalui dana zakat ini dapat meningkatkan perekonomian penerimanya, sehingga ke depan tidak lagi menerima zakat tetapi bisa berzakat.

Sementara itu Ketua Baznas Tanah Datar Emrizal Datuk Hyang Basa menyampaikan para mustahiq dapat menjaga amanah dengan menggunakan dana zakat sebaik-baiknya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada umat Islam yang telah membayar zakat melalui Baznas terutama para pegawai negeri di Lingkup Pemkab Tanah Datar," katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 312 mustahiq ini terdiri dari peternak kambing 108 orang, peternak itik 35 orang, peternak ayam 1 orang, peternak ikan 1 orang, petani 33 orang, industri rumah tangga 8 orang, tukang bengkel 5 orang, pedagang 101 orang, usaha sablon 1 orang dan penjahit 5 orang.

Pada kesempatan itu, Baznas Tanah Datar juga menyerahkan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada 150 orang mahasiswa IAIN Batusangkar sebesar Rp151,525 juta dan 10 orang mahasiswa STAI Padangpanjang Bawang Kecamatan Pariangan sebesar Rp10,5 juta.

Ia menjelaskan sejak Januari sampai November 2016, Basnas Tanah Datar telah mengumpulkan dana zakat sebesar Rp10,334 miliar lebih dimana telah mendistribusikannya sebesar Rp6,913 miliar lebih.(ALINURDIN)

No comments:

Powered by Blogger.