Breaking News
recent

MENIKMATI PANORAMA DARI BUKIT KASUMBO NAGARI TALUK









Tanahdatar.
Kabupaten Tanahdatar selain dikenal  sebagai daerah tertua dan tempat asal nenek rang Minangkabau  di propinsi Sumatera Barat ,juga dikenal  dengan daerah yang mempunyai  perbukitan yang cukup menjanjikan sebagai objek wisata .
Perbukitan di Kabupaten Tanahdatar mempunyai satu panorama yang eksotik dan  mepunyai nilai jual yang cukup tinggi jika dikelola dan dikembangkan secara profesional  seperti Puncak bukit Shaduali ,Puncak pato ,panorama Tabek patah dan Puncak pintu Angin di kubang landai dan satu lagi Panoram Bulit kasumbo di nagari Taluk kecamatan Lintau Buo .
Nagari Taluk teletak di ujung selatan kecamatan lintau buo, merupakan nagari yang langsung berbatasan dengan kecamatan atau bahkan kabupaten lain. Namun demikian sebagai nagari paling ujung, pembangunan nagari tidak lah tertinggal dari nagari yang lain, semua sarana dan prasarana umum dapat Di nikmati di daerh ini. hal tersebut sangat mendukung dijadikannya nagari taluk sebagai nagari tujuan wisata, baik itu wisata budaya, maupun wisata alam. Banyak panorama-panorama alam yang dapat di nikmati di daerah ini, dengan keramah tamahan penduduk, sosial masyarakat yang cinta damai, hasil pertanian yang baik menjadikan nagari ini prospek untuk di rancang  sebagai "NAGARI AGRO WISATA"
Keindahan panorama alam nagari taluk tidak lah berada terpusat di satu jorong (desa), ada beberapa lokasi yang sangat potensial untuk dijadikan tujuan wisata, baik itu untuk berlibur, sekedar beristirahat, maupun untuk bermain bersama teman-teman dan keluarga. lokasi-lokasi panorama tersebut dapat menampilkan keseluruhan kehidupan yang ada di nagari ini, bahkan bisa mencapai lintau secara umumnya.
sebuah pemandangan yang menakjubkan dan bernilai seni tinggi untuk sebuah nagari yang baru berkembang danapabila kita  ingin menik mati pemandngan ini di nagari Taluk ada beberapa tempat yang bisa di datangi degan akses perhubungan yang lancar seperti  Panorama Bukik Kasumbodan wisata alam Anak Aungai .
 Adapun Bukik kasumbo merupakan deretan bukit yang termasuk dalam daretan pegunungan andalas atau yang lebih dikenal dengan sebutan pegunungan seribu. secara askses memang panorama disini sangat sulit di jangkau, karena untuk menuju ke daerah ini tidak dapat dilakukan dengan kendaraan bermotor atau sepeda sekalipun. lokasi ini dapat di capai dengan rute Simp Setangkai ke arah utara -lekok -sebonca- tajung anau -purangan. perjalanan dengan kendaraan bermotor haya sampai disini, untuk menuju ke lokasi  perlu tenaga ekstra guna mendaki bukit, butuh waktu minimal satu jam untuk melakukan perjalanan menuju puncaknya. namun jika ingin menikmati perjalanan ini saudara dapat memilih rute yang berbeda menuju purangan yakni menelusuri batang selo dan anak sungai.
Sementara itu wisata alam anak aungai ini bisa dijadikan sebagai jalur alternatif menuju puncak bukit kasumbo namun jika hanya ingin menikmati keindahan alam sungainya saja tentu saudara-saudara tidak akan rugi. keindahan aliran anak sungai sungguh akan sangat mengesankan, menikmati rindangnnya pepohonan, gemercik suara air sungai, dan kicauan burung-burung liar yang masih terjaga keasriannya. selain itu keindahan daerah persawahan pun akan sangat memikan para pengunjungnnya. membawa pancing, bekal makanan, ataupum memasak di lokasi akan menambah nikmatnya perjalan di sungai ini.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.