Breaking News
recent

SARUASO APUNGKAN TEMA MELALUI MUSRENBANG TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT








Tanah Datar.
Perencanaan pembangunan di Nagari seharusnya jangan mengutamakan kegiatan fisik saja ,namun haruslah berimbang dengan kegiatan non fisik,karena kegiatan non fisik yang berupa pembangunan mental sangatlah mendesak disaat ini.
Hal ini disebutkan oleh Anggota DPRD Tanah Datar Eri Hendri  saat menghadiri musrenbang di agari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Selasa (21/1) yang digelar diaula nagari itu.
Menurutnya,dengan perimbangan skala proritas pembangunan tentu akan mewujudkan generasi muda yang trampil dan punya inovasi selain dapat membentengi diri dari penguruh negatif yang telah merasuki generasi muda dewasa ini.
“Persaingan dalam mencari lapangan kerja dewasa ini sangatlah ketat dan generasi muda dituntut untuk mempunyai ketrampilan yang mampu membawa mereka ke dalam persaingan itu “Tegasnya.
Menurutnya ,jika tidak perimbangan persentase 50-50 bisa dilakukan dengan 40 persen untuk pemberdayaan dan 6 untuk pembangunan fisik  sehingga
Disampaikan,Pembangunan non fisik berkaitan dengan penggunaan sumber daya manusia itu sendiri.
“Adapun pembangunan antara lain pembangunan di bidang kesehatan, pembangunan di bidang pendidikan, pembangunan di bidang  ekonomi dan lain sebagainya. Pembangunan non fisik mengedepankan sumberdaya manusia, dikarenakan dengan adanya pembangunan non fisik menjadi dasar untuk melakukan pembangunan fisik. Jangan sampai pembangunan bertumpu pada salah satu aspek saja, tetapi pembangunan tersebut haruslah bersinergi satu sama lain.”Jelasnya.
Sementara itu, Staf Ahli Bupati Tanah Datar Nuryeddisman menyampaikan dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, penhentasan kemiskinan dan pengangguran, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah.
Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam.
Walinagari Saruaso Agusrimayanto menyampaikan tema musrenbang 2021 ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah dan kualitas SDM dan tata kelola pemerintahan yang baik.
Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Jasmadi, Nurzal, dan Dekminil, pimpinan OPD, unsur Muspika, dan para wali nagari.(alinurdin).

No comments:

Powered by Blogger.