Breaking News
recent

Ketua TP PKK Desa se Kabupaten Bangka Kunjungi Tanah Datar






Tanah Datar.
Rombongan Tim Penggerak PKK Desa se Kabupaten Bangka yang dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Ny. Hj. Mina Tarmizi kunjungi Tanah Datar dan disambut di Gedung Indo Jolito Batusangkar oleh Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah,  Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan KB (PMDPPKB) Adrion Nurdal, SE, Kepala Dinas Perindag Abdul Hakim, Rabu (17/05).
Rombongan yang sebelumnya mengunjungi Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung ini juga  melihat langsung aneka kerajinan Tanah Datar yang ditampilkan di Gedung Indo Jolito Batusangkar tersebut seperti sulaman kapalo samek, bordiran, dulamak, mukenah, rajutan dan kerajinan lainnya serta aneka kuliner khas Tanah Datar.
Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal, SE dalam sambutannya jelaskan sekilas tentang Tanah Datar dan kerajinan yang ada dan saat ini terus dalam pembinaan pemerintah daerah seperti IKM dan UKM.
Tentang kondisi ekonomi masyarakat yang sebahagian besar bergerak dibidang pertanian. Adrion jelaskan bahwa Tanah Datar tidak punya potensi tambang maupun industri. Jadi pemerintah daerah sedang menggalakkan berbagai program dibidang pertanian untuk meningkatkan swasembada pangan disamping pengelolaan objek-objek wisata yang saat ini  sedang giat-giatnya dibenahi, pungkasnya.
Sementara itu Ny. Hj. Mina Tarmizi Ketua TP PKK Kabupaten Bangka selaku ketua rombongan dalam sambutannya sampaikan ucapkan terima kasih telah disambut dengan baik di Gedung Indo Jolito. Mengenai kerajinan di Bangka ia jelaskan sebahagian ada yang namanya sama seperti rajutan namun pengerjaannya saja yang berbeda.
Dibidang Pertambangan Kabupaten Bangka memang memiliki pertambangan namun saat ini karena bahan tersebut dari sumber daya alam tentu ada masanya akan berkurang dan sebahagian sudah mulai beralih ke bidang pertnian, Ucapnya.
Untuk kuliner kita di Bangka ada istilahnya nganggung sepintu sedulang kalau di Tanah Datar hampir sama dengan makan bajamba, namun ini biasanya dilaksanakan pada hari hari besar seperti lebaran dan hari besar lainnya namun pada umumnya kegiatan ini dilaksanakan di Masjid, sambung Mina.
Pada kesempatan yang sama Ny. Emi Irdinansyah sampaikan ucapan selamat datang di Tanah Datar semoga rombongan merasa senang dan dapat menikmati wisata dan aneka kuliner khas, ucapnya.
Untuk kegiatan PKK di Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah jelaskan kegiatan-kegiatan sesuai dengan 10 program Pokok PKK diantaranya kegiatan rakerda, pembinaan nagari, dasawisma, sekolah sehat, serta lomba-lomba titingkat provinsi, jelasnya.  
Agenda besar yang baru saja dilaksanakan yaitu Jambore PKK se Kabupaten Tanah Datar yang diikuti oleh 480 kader yang terdiri dari 60 kader dari Kabupaten dan 420 kader kecamatan dan nagari dengan berbagai kegiatan dan lomba seperti tekhnical meeting, simulasi penanggulangan bencana, sholat shubuh berjamaah dan kultum, senam pagi, magrib mengaji, seminar pembinaan karakter, dan kegiatan lomba program serta out bond, sambungnya.
Turut hadir pada acara tersebut kepala OPD Lingkup Pemkab Tanah Datar, pengurus PKK Kabupaten Tanah Datar dan tamu udangan lainnya.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.