Breaking News
recent

DUKUNG KOTA BATUSANGKAR BERSIH. 150 MAHASISWA IAIN BATUSANGKAR SUSURI JALAN ,PUNGUT SAMPAH .









Tanah datar.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan serta turut mendukung Kabupaten Tanah datar untuk meraih adipura sebanyak 150 orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN )Batusangkar turut bergoro dengan menelusuri pinggiran jalan di Kecamatan Lima Kaum, guna memungut sampah bersama, Kamis, (23/3).
Dari Pantauan Rakyat Sumbar  , dilokasi sekitar 150 orang mahasiswa IAIN yang tergabung dari berbagai Jurusan dan Fakultas yang berbeda, menyisiri pinggir jalan yang dimulai dari Nagari Cubadak Lima Kaum, sambil membawa katong kresek dan memunguti sampah yang berserakan disepanjang jalan. Sampah yang menjadi sasaran utama dalam goro tersebut, adalah sampah yang berbahan organik.
Kepada Rakyat Sumbar  Yasrizal, selaku Biro AUAK IAIN Batusangkar, mengatakan IAIN Batusangkar melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, dalam melibatkan mahasiswa untuk pemeliharaan lingkungan dan menjaga kebersihan. Khusus untuk goro saat ini, IAIN menerjunkan 150 orang mahasiswa yang dibagi menjadi 3 kelompok, yang mana setiap kelompok beranggotakan 50 orang, ditambah dosen pendampingnya. "Kami mulai star memungut sampah dari Batas Kota Batusangkar Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, hingga ke batas Kecamatan Lima Kaum, kearah pusat Kotanya," ujar Yasrizal.
Lanjutnya, goro ini rencananya tidak hanya dilakukan disatu kecamatan saja, setiap kecamatan yang ada di Kota Batusangkar aka dilakukan gotong royong bersama mahasiswa IAIN Batusangkar. Namun dalam hal ini, kampus IAIN menunggu konfirmasi dari pihak kecamatan setempat untuk pengaturan jadwal goro yang tepat.
"Kami Kampus IAIN melalui mahasiswa dan oraganisasi yang ada, siap berpatisipasi dalam kegiatan pembangunan daerah yang sedang digalakan oleh pemerintaj daerah," ujarnya lagi. 
Ia juga menjelaskan, nantinya setiap mahasiswa IAIN akan digilir dalam mengikuti goro tersebut. Melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada, mahasiswa akan dikordinir untuk melaksanakan goro. "Dengan terlibatnya mahasiswa ke tengah-tengah masyarakat diharapkan, dapat membantu masyarakat, dan sadar akan adanya kampus atau mahasiswa yang sangat peduli lingkungan setempat," harapnya lagi. 
Dalam kesempatan tersebut Afrizal Camat Lima Kaum, sangat mengapresiasi mahasiswa IAIN Batusangkar yang telah ikut serta dalam membersihkan dan menjaga lingkungan khususnya di Kecamatan Lima Kaum yang merupakan wilayah yang dipimpinya. "Saya sangat berterimakasih dengan peran aktifnya, mahasiswa IAIN Batusangkar, di Kecamatan Lima Kaum ini," ujarnya.
Kedepannya, pihak Kecamatan akan selalu menjalin komunikasi dengan pihak kampus IAIN Batusangkar. Afrizal juga mengatakan, dalam semua kegiatan di kecamatan ingin melibatkan mahasiswa IAIN Batusangkar, sehingga nantinya semua program maupun pekerjaan yang dihadapi pihak kecamatan akan berjalan dengan mudah dan terasa ringan.
"Saya yakin jika kita bekerja bersama apapun masalahnya akan mudah kita hadapi. Seperti  kata pepatah Minang 'barek samo kito pikua, ringan samo kito jinjiang' itu yang kami harapkan," ujarnya lagi.
Hal senada juga disampaikan Leni (22) salah seorang mahasiswa IAIN Batusangkar, yang ikut serta dalam gotong royong bersama tersebut. Menurutnya, Goro tersebut merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif yang harus lebih ditingkatkan di tengah-tengah masyarakat. Selaku mahasiswa IAIN Batusangkar, yang merupakan kampus Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan dan kerapian. Seperti yang dikatakan oleh filsafat Islam 'kebersihan sebagian dari iman'. 
"Kami mahasiswa yang mewakili Kampus IAIN Batusangkar, berusaha melakukan kegiatan bermanfaat dan berbau masyarakat. Seperti cikal bakal mahasiswa yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat," ujarnya
Selain itu, Leni juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak kampus dan pihak Kecamatan yang telah memberikan wadah untuk berpatisipasi dalam kegiatan masyarakat ini. Kedepannya, Ia berharap pihak kampus dan pihak kecamatan selalu bekerjasama dalam membina lingkungan dan generasi muda.( alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.