Breaking News
recent

BANGGAR DPRD AGAM BELAJAR KE TANAH DATAR










Tanah datar.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Helfy Rahmi Harun menyambut kedatangan tim Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam dalam rangka kunjungan kerja di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar, Selasa (17/01).
Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Agam Suarman. Kunjungan kerja Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam ke Tanah Datar ini terkait tentang study komperatif Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak rumah makan serta pokok -pokok pikiran DPRD.
Helfy Rahmi Harun bersama instansi terkait menyampaikan bahwa Tanah Datar yang memiliki 14 kecamatan dan 75 nagari sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Diakui bahwa Tanah Datar tidak memiliki sumber daya alam yang kaya seperti kabupaten/kota lainnya namun Tanah Datar berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya pada sektor sumber daya manusia dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
Terkait PAD yang berasal dari PBB dan Pajak Rumah Makan Tanah Datar telah berupaya mencari solusi dan terobosan di antaranya, menyempurnakan regulasi/aturan, melakukan update data wajib pajak, peningkatan pengawasan wajib pajak, pelaksanaan berbasis dunia usaha, peningkatan pelayanan wajib pajak serta peningkatan koordinasi dengan instasi terkait.
Asisten Ekobang juga menyampaikan bahwa kegiatan pokok-pokok pikiran DPRD di Kabupaten Tanah Datar telah melalui mekanisme perencanaan secara elektronik. dana tersebut diletakkan pada OPD terkait sedangkan dana yang khusus ke nagari diletakkan langsung ke nagari (Dana Alokasi Khusus Nagari).
Sebelum pertemuan antara dua instansi eksekutif dan legislatif kedua Kabupaten diakhiri, ketua tim Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam meminta agar bisa berkoordinasi secara teknis dengan OPD Kabupaten Tanah Datar dan hal ini disambut baik Asisten Ekobang dengan tangan terbuka. acara asisten II Bidang Ekomoni dan Pembangunan Helfy Rahmi Harum menyerahkan cendramata kepada Wakil Ketua DPRD Kab. Agam Suarman sebagai tanda kedekatan hubungan silahturahmi kedua kabupaten.(alinurdin) 


No comments:

Powered by Blogger.