Breaking News
recent

KETUA TIM PKK TANAH DATAR TINJAU KESIAPAN UNTUK LOMBA CIPTA MENU SE INDONESIA.









Tanah Datar.
Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah meninjau kesiapan tim Tanah Datar untuk lomba Cipta Menu se-Indonesia dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVI di Komplek Pemkab. Boyolali Provinsi Jawa Tengah, Jum'at (28/10).
Kabupaten Tanah Datar berhak mewakili Sumatera Barat dalam rangka lomba cipta menu "Beragam Bergizi Seimbang dan Aman" (B2SA) karena telah berhasil menyisihkan 18 Kabupaten/Kota yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2015.
Didampingi tim penggerak PKK Tanah Datar dan SKPD terkait, Istri kepala daerah ini menyampaikan "kita merasa berbangga dapat mewakili Sumatera Barat dalam lomba ini, semoga kita dengan persiapan yang maksimal dan rasa optimism, hasil yang kita raih nanti juga maksimal pula" ujar Ny Emi memberi dukungan.
"Dari tahun ke tahun indikator dan kriteria panitia semakin ketat, mulai resep menu 3 hari yang dikirim 1 bulan sebelummnya  berbobot 20%, bentuk penyajian saat lomba 70% dan dukungan pemerintah dalam pengembangan (B2SA) sebanyak 10%. Semoga kita bisa memenuhi semua kriteria ini dengan baik" ujar Ny. Emi yang juga didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Yulfiardi..
Di sela gurauan buk Emi Irdinansyah menyampaikan" ternyata bahan-bahan yang telah kita bawa dari Tanah Datar seperti daun "Marunggai" yang disini disebut daun Kelor banyak terdapat di sini dan dipergunakan untuk penangkal mistis, kita orang Minangkabau malah memakannya" diiringi tawa seluruh rombongan. 
Kementerian Pertanian merupakan koordinator pelaksanaan HPS sebagai vocal point FAO (Food and Agriculture Organization). Kementerian pelaksana HPS lainnya di antaranya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Pencanangan HPS oleh Kementan bertema HPS Internasional yakni Climate is Changing, Food Agriculture Must Too dan tema HPS Nasional adalah membangun kedaulatan pangan berkelanjutan mengantisipasi era perubahan iklim. Daulat pangan tidak hanya dari beras atau nasi namun juga dari sumber karbohidrat lainnya yang merupakan khas nusantara bercita rasa tinggi.
Acara yang rencana dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, nantinya pada hari Sabtu 29 Oktober 2016, tidak hanya dengan pameran dan gelar teknologi (Geltek), tetapi akan diadakan juga Dem Area Teknologi serta aksi menggerakan pangan nusantara dari seluruh Indonesia. Teknologi hasil inovasi akan disodorkan untuk menunjukkan kita tetap eksis ditengah keterbatasan sumber daya alam.(alinurdin)


No comments:

Powered by Blogger.