Breaking News
recent

KODIM 0307 TD,DISTANBUNHUT PANEN PADI TEKHNIK JARWO 4:1.












Tanah Datar.
Dalam mendukung Swasembada Pangan Tahun 2017 , Kecamatan Tanjng Emas ,Kabupaten Tanah Datar  menggelar acara Gerakan Panen Padi Sistem Tanam Jajar legowo.
Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kab Tanah Datar Khairuddin, dihadiri Kabid Ketahanan Pangan Nelita Yelda ,Kepala BP3K SeKecamatan Tanjung Emas ,Seluruh PPL sekecamatan,Danramil 0307 -11/Tanjung Emas ,Camat Tanjung Emas Elvi Sandry,Babinkamtibmas,Ketua Kelompok Tani Kecamatan Tanjung Emas.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar merespon positif sistem Panen yang digunakan dan penggunaan alat pada saat panen dan tanam karena akan mengefisienkan waktu tanam dan panen,dari hasil ubinan yang didapat produksi padi Jajar legowo menghasilkan Gabah Kering Panen per ha dengan varietas unggul.
Padi yang dipanen kali menggunakan Teknik jajar legowo merupakan pola tanaman yang bergerak maju dan tidak mundur seperti cara penanaman yang biasa dilakukan petani pada umumnya. Pola tanam ini dianggapnya dapat menghasilkan kualitas padi terbaik.
Pengembangan tanaman yang dilakukan dengan sistem jajar legowo dengan cara tanaman ditanam maju, tidak mundur lagi. Ini baru pertama kalinya diterapkan khususnya di Kabupaten Tanah Datar,Kita harapkan pada panen kali ini menghasilkan padi yang baik.
Khairudin  menambahkan, panen raya ini bagian dari program swasembada pangan untuk merealisasikan ketahanan pangan nasional menurutnya jika ketahanan pangan nasional terwujud, maka akan dapat menciptakan suasana kondusif dan program-program nasional akan berjalan dengan maksimal.
Kita semua harus melaksanaan program-program khusus pertanian, sehingga swasembada pangan dapat terwujud Kalau sudah terwujud kita akan lebih mudah merealisasikan program-program nasional, Kecamatan anjung Emas sangat sesuai untuk mengembangkan pertanian padi. Ia menilai lahan pertanian ditempat tersebut masih bagus dan didukung irigasi air yang baik.
Kecamatan  tidak sedikit lahan pertanian yang mengalami kekeringan, tetapi mengaanggap kekeringan tersebut masih belum mengancam ketahanan pangan,Lahan kering di Kecamatan Tanjung Emas.sangat membutuhkan air, dan lahan kering kami nilai masih cukup subur dengan tekstur tanah berbeda dengan lahan lainnya.
Sementara itu Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Arm. Bagus Tri Kuntjoro melalui Danramil Kapten juliasman mengucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, ini merupakan tekad kita bersama dalam meningkatkan hasil produksi pangan terutama padi, ungkapnya.
Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat strategis bagi negara kita, untuk itu kami memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada para petani, petani adalah pahlawan bagi kita semua. Untuk itu pekerjaan sebagai petani jangan dianggap rendah dan jangan pula menganggap petani sebagai orang pinggiran karena mereka mempunyai jasa yang sangat besar bagi bangsa dan negara kita, tambah Juliasman.
Saat ini kita semua harus berkerja keras dalam mensukseskan dan meningkatkan program LTT (Luas Tambah Tanam), apabila LTT gagal maka swasembada pangan juga akan gagal, untuk itu Kodim 0307 Tanah Datar telah memerintahkan seluruh Babinsa dan jajaran TNI untuk terus meningkatkan kerjasama dengan petani. Artinya bila ada kesempatan dan peluang tanam harus segera dikerjakan dan jangan menunda-nunda lagi, kata Danramil
Harapan kita dengan teknologi tanam padi jarwo ini hasil panen kita akan jauh meningkat lagi, karena teknologi ini sudah melalui riset dan telah dibuktikan di lapangan, Kata Juliasman.
Malin Sinaro pemilik sawah mengakui tekhnik tanam padi jarwo meningkatkan hasil panennya tahun ini.”kalau sebelumnya dalam satu hektar sawah di Tanjung Emas  hanya dapat ditanami sekitar 5,6 ubin dan pada tekhnik tanam jarwo ini mampu ditanami 7,02 ubin,jadi kita optimis mampu menambah hasil dari panen lalu yang memakai tekhnik biasa”Sebutnya.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.