Breaking News
recent

PERGURUAN TINGGI ISLAM INGIN TINGKATKAN KUALITAS




IAIN Batusangkar Dikujungi Tim BAN-PT Dalam Rangka Asesmen Surveilen
Tanah datar.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dikunjungi Tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedatangan Tim BAN-PT kali ini dalam rangka Asesmen Surveilen Institusi Pasca Alih Status STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar. Asesmen surveilen dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 Juli 2016.  BAN-PT melakukan kunjungan berdasarkan surat permohonan yang di ajukan oleh Rektor IAIN Batusangkar, tertanggal 6 Juni 2016 ke BAN-PT untuk Mengkonversi Akreditasi Institusi STAIN Batusangkar ke IAIN Batusangkar.
Dalam pelaksanaan Asesmen Surveilen pihak BAN-PT menugaskan 4 (empat) Orang Asesor dan 1 (satu) staf dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Muchamad Syafruddin, M.Si., Akt. (Anggota BAN-PT), Prof. Suwito, MA. (UIN Jakarta), Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons), Ph.D. (UIN Surakarta) Prof. Dr. Imam Buchari. (Universitas Diponegoro Semarang) dan Ikhwan Tunggul Wibowo (Staff BAN-PT). Selain mengamati, menggali data dan informasi, Tim asesmen surveilen ini juga melakukan peninjauan terhadap beberapa unit yang berada di IAIN Batusangkar.
Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA menjelaskan, kehadiran Asesor Asesmen BAN-PT IAIN Batusangkar tentunya memberikan arti yang sangat penting bagi pengembangan lembaga, mengingat IAIN Batusangkar berada dalam masa transisi, apalagi momentum alih status IAIN Batusangkar. untuk bisa menjalankan Institusi yang lebih baik dan berkualitas mesti perlu disiapkan Peningkatan Sistem penjaminan Mutu IAIN Batusangkar, agar jangan terjadi persoalan mutu instutisi kurang baik di kemudian hari.
Sehingga, perguruan tinggi Islam di Indonesia khusus nya IAIN Batusangkar bisa berbenah dan bisa  melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, Asesmen surveilen hakekatnya adalah pembinaan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi, terutama IAIN Batusangkar di masa akan datang. “ungkap Rektor”
Dalam sambutannya Kasmuri menambahkan, pada tahun 2015 lalu STAIN Batusangkar telah melaksanakan Asesmen AIPT, alhamdulillah Tim Asesor mengapresiasi yang sangat baik dengan keputusan Akreditasi STAIN Batusangkar melalui keputusan BAN-PT Monor: 942/SK/BAN-PT/PT.VII/2015. Tanggal 29 Agustus  dengan peringkat B.
Sementara itu Tim Asesor Asesmen surveilen Prof. Dr. Muchamad Syafruddin, M.Si., Akt. menyampaikan tugas BAN-PT Dalam Rangka Asesmen Surveilen ini kepedulian kita semua di Perguruan Tinggi karna menyangkut Kualitas para lulusan dan menjamin lulusan yang berkualitas, sehingga lembaga Pendidikan perguruan tinggi terutama IAIN Batusangkar, mempuinyai kualitas pendidikan yang unggul.
Muchamad Syafruddin menambahkan dua aspek kepedulian BAN-PT terhadap Perguruan Tinggi, diantaranya, Menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat dan Mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat, “tambah Asesor”

Asesmen Surveilen ini di hadiri Seluruh Wakil Rektor, Direktur, wakil Direktur Pascasarjana, Dekan, wakil Dekan Fakultas, Ketua LPM, Ketua LPPM, Kepala Perpustakaan, Kepala UPT TIPD, Kabag, dan juga dihadiri Dosen, Karyawan, Alumni dan Mahasiswa IAIN Batusangkar, Turut hadir juga Stake Holder pengguna lulusan IAIN Batusangkar, diantaranya Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar, Pimpinan Lembaga Perbankan dan kepala Sekolah.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.