Breaking News
recent

BELASAN WARGA KUMANGO DILATIH TERNAK BELUT

 


Tanah datar.Untuk menciptakan tenaga trampil dan bersaing,Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab menggelar pelatihan ternak belut selama 8 hari bagi warganya.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 14 orang ini dilaksanakan di aula kantor Nagari setempat dengan pelatih yang didatangkan dari kelompok peternak belut kabupaten Tanah datar yakni Firdaus dan Dani.

Walinagari Kumango Iis Zamora Putra kepada BNews (30/8) mengungkapkan harapannya agar pelatihan ini dapat dimamfaatkan oleh peserta untuk menyerap ilmu dari para pelatih sebaik mungkin.

“Saya mengingatkan agar para peserta setelah usai pelatihan mampu menjadi pembudi daya belut,dengan demikian akan mendongkrak pendapatan dan menciptakan lapangan kerja sendiri “Harapnya.

 Ia melanjutkan, pihaknya juga memberikan bantuan kepada peserta berupa ATK,baju,dan uang transport .

“Mereka dilatih pembibitan di satu tempat dengan pembuatan kompos dan Bank sampah ,semua biaya pelatihan ini berasal dari dana desa “Jelasnya

Sementara itu Firdaus yang mentor mengungkapkan,pelatihan ini untuk menciptakan wira usaha baru dikalangan warga Kumango.

Menurutnya.ternak belut merupakan prospek bagus seiring dengan banyaknya rumah makan yang berdiri,kemudian berbagia kuliner bisa dibuat dengan memakai bahan dari belut.

Turut hadir KAN ,dan BPRN serta tokoh masyarakat Kumango .(an/lap )

No comments:

Powered by Blogger.