Breaking News
recent

WARGA GUGUK JORONG KUBANG LANDAI DAMBAKAN JUT.

 
 
 
 
 
 
 
 
Tanahdatar.
Guna meningkatkan perekonomian mereka,Warga Guguk Jorong kubang Landai Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas mengharapkan perhatian lebih dari Pemerintah untuk membangun Jalan Usaha Tani (JUT) di daerah itu ,pasalnya perekonomian mereka tertumpu dari pembangunan jalan yang kerap dilalui tersebut.
Menurut Muslim (57) tokoh masyarakat setempat,Jalan yang melingkar sepanjang 1 KM lebih itu merupakan urat nadi bagi warga Guguk,pasalnya mereka bermata pencarian sebagai petani, jadi untuk mengangkut hasil pertanian mereka dibutuhkan sarana jalan yang memadai.
“Harapan kami para warga masyarakat Guguk Kubang Landai , Cuma satu yaitu pembangunan Jalan usaha tani (JUT) di daerah ini . Guna mempermudah akses kami dalam berusaha sehari-hari untuk mencari nafkah keluarga”kata Mus kepadaRakyat Sumbar Senin (17/4)
Dia mengatakan, bahwa kondisi jalan yang memiliki panjang 1.000 meter itu tersebut masih merupakan jalan tanah berlumpur.
“Kami mengharapkan agar jalan tersebut di rabat beton, guna memudahkan akses ketempat mereka mencarai nafkah bagi keluarganya”ulas dia.
Mus mengungkapkan,Pengharapan warganya dianggap angin saja oleh pemerintah,pasalnya sudah berulangkali Dia mengajukan baik ke Pemerintah daerah maupun melalui Musrenbang,namun sampai saat ini belum juga terealisasi.
Dia mengatakan ,setiap masa pemilu digulirkan banyak para caleg yang datang meminta dan mengumbar janji untuk merealisasikan keinginan kami ,namun setelah duduk mereka lupa dengan janji-janjinya .
Sementara itu, Pemerintahan Nagari Saruaso  Herman Yahya , mengatakan, bahwa pemerintahan nagari sudah menerima usulan warganya tersebut, yang mengharapkan pembangunan jalan usaha tani di daerah itu.
“Segala usulan dari    6 jorong di Nagari Saruaso akan kita terima ,namun untuk merealisasikan usulan tersebut tentu harus melalui Musrenbang terlebih dahulu “Sebut Herman Yahya.
Menurutnya,pembangunan haruslah berdasarkan Itu ketentuan, tapi berbagai usulan tersebut akan difasilitasi dan berbagai usulan masyarakat di 6 Kejorongan di nagari itu oleh Pemerintahan nagari Saruaso  akan dirangking sesuai sekala prioritas pembangunan yang ditampung dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari.
“ Berbagai usulan dan aspirasi dari masyarakat akan dirapatkan dalam musyawarah RPJM, dan ditentukan sesuai kebutuhan dan peruntukan berdasarkan skala prioritas” tukas dia.
Sekaitan jalan tersebut Wali Jorong Kubang Landai Khaidir Asdar menyebutkan telah memperjuangkan di Musrenbang setiap tahun,dan pada tahun ini jalan ini menjadi prioritas utama dalam pembangunan di Nagari Saruaso.
“alhamdullilah pada musrenbang Nagari Saruaso pembangunan jalan guguk menjadi prioritas utama “Sebutnya.  (alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.