Breaking News
recent

IKS SERAHKAN BANTUAN UNTUK OPERASIONAL POSDAYA SUMANIK SEHAT.






Tanah datar.
 Posdaya merupakan keterpaduan kegiatan yang dibentuk oleh anak nagari yang berada di kampung halaman maupun yang di perantauan untuk merawat lansia yang ada di nagari Sumanik.
Kegiatan pelayanan ini dapat terselenggara karena semangat anak nagari baik yang di dalam nagari maupun yang di perantauan untuk meningkatkan hubungan silaturahmi serta persatuan menuju Sumanik Jaya,” demikian tegas Eri Gas Putra Pembina Posdaya Sumanik Sehat dalam sambutan pada kegiatan peninjauan bupati Tanah datar Irdiansyah Tarmizi yang diwakili Kadis Kesehatan dr. Hj Dasmiwarita, M. Kes.Kamis (21/7).
Lebih lanjut Eri Gas Putra menceritakan “awalnya posdaya dibentuk dari pelaksanaan KKN Mahasiswa tahun 2012 yang lalu yang menggagas pelayanan kesehatan lansia yang kurang mampu  dan ini menjadi masukan berharga bagi perantau untuk memperhatikan kesejahteraan lansi terutama yang tidak punya sanak saudara di kampung atau masuk kategori kurang mampu,” ucap Erigas yang merupakan salah pakar pertanian.
Tahun 2013, perantau Sumanik mulai membentuk posdaya yang diberi nama Posdaya Sumanik Sehat dengan ketua pengurus Ifnasbir, JS, SE, MM, dengan bantuan dari Ikatan Perantau Sumanik (IKS) sebesar Rp.6 juta untuk operasional.
Melihat manfaat yang dirasakan masyarakat setempat, saat ini IKS sudah berhasil menyumbang Rp. 12 juta per bulan dan bisa membantu kebutuhan sehari-hari dan pelayanan kesehatan untuk 21 orang lansia meningkat dari 15 orang.
Disebutkan juga program saat ini pembangunan gedung permanen untuk menampung lansia yang tidak mampu agar lebih mudah memberi pelayanan dan banyak juga di antaranya tinggal di rumah tidak layak huni.
Pembangunan gedung yang direncanakan lantai 2 ini telah menghabiskan dana sebesar Rp. 300 juta dari dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 500 juta dan murni partisipasi perantau dari berbagai daerah di Indonesia.
Di kesempatan itu, Erigas juga menyampaikan penyerahan IKS sebesar Rp. 500 juta untuk operasional posdaya dan diperkirakan dapat dipergunakan selama 3 tahun ke depan.
“Mudah-mudahan bantuan perantau bisa bermanfaat bagi dunsanak di kampung halaman dan mohon dipergunakan dengan sebaik mungkin sehingga perantau semakin tergugah turut memperhatikan kondisi kampung halaman tercinta,” pintanya.
Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni di kesempatan itu menyampaikan apresiasinya,” saya sangat terkagum-kagum dengan nagari ini, meskipun banyak lansia akan tetapi nagarinya masih tetap maju dan melahirkan tokoh-tokoh penting, ini bisa menjadi inspirasi bagi nagari-nagi lain di Sumatera Barat” terangnya.
Dikatakan, Universitas Andalas dengan fungsi pengabdian masyarakat, melalui Fakultas Keparawatan melakukan pembinaan di nagari Sumanik dalam bentuk penempatan 15 orang perawat selama 15 hari tiap bulannya di nagari Sumanik, turut memberi pelayanan kesehatan bagi lansia di Sumanik.
Bupati Tanah Datar melalui Kadis Kesehatan dr. Hj Dasmiwarita, M. Kes, mengungkapkan, “pemerintah daerah Tanah Datar sangat mendukung kehadiran Posdaya yang merupakan satu-satunya Posdaya yang ada di Tanah Datar dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada perantau dan Universitas Andalas turut membantu tugas pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.
“Kepedulian tinggi perantau menjadi penambah kuat kebersamaan pemerintah daerah dengan perantau mewujudkan Tanah Datar yang sejahtera,” ucap dr. Dasmiwarita mengutip perkataan Bupati Tanah Datar.    
Dasmiwarita berharap Posdaya ini menjadi pelopor yang dapat dijadikan contoh oleh nagari lainnya sebagai wujud mensejahterakan nagari, serta kehadiran Posdaya yang muncul dari kesadaran Anak Nagari ini dapat bertahan lama.
Salah seorang lansia, Baheram (79) mengungkapkan rasa syukur adanya Posdaya, Posdaya ibarat penolong, kami sangat terbantu dengan program ini, tarimo kasih bayak ka perantau yang peduli kepada kami yang gaek-gaek ko, mudah-mudahan Allah tambah juo rasaki apak dan ibu perantau kito,” do’anya.
9.jpgAcara yang ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni SE, MBA dari jajaran Unand turut mendampingi Prof. Dr. Budjang Rusman,  Dr. Ir Eri Gas Putra dan Dr. Ujang Khairul ,Sekcam Yuskal  S.Sos, Forkompinca, Pj. Wali Nagari Sumanik  Ir. Wendra Alamsyah Datuak Paduko Majolelo.(alinurdin)

1 comment:

Powered by Blogger.