Guna intentarisir dan Evaluasi Kinerja selama 2016 PPID SE - TANAH DATAR LAKSANAKAN RAKOR
Tanah
Datar.
Guna
mengevaluasi dan menginventarisir permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan
keterbukaan informasi di Kabupaten Tanah Datar, Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) Utama melalui Bagian Humas Setda Tanah Datar melaksanakan
Rapat Koordinasi (rakor) dengan seluruh perangkat PPID, Selasa (29/11/2016) di
aula eksekutif kantor Bupati di Pagaruyung.
Rakor
dipimpin Sekretaris Daerah diwakili Asisten Administrasi Umum Azwar R
didampingi asisten Ekobang Helfy Rahmi Harun, Kadis Hubkominfo Abrar selaku tim
pertimbangan pelayanan informasi, PPID Utama sekaligus Kabag Humas Adriyanti
Rustam dan dihadiri seluruh PPID Pembantu se Kabupaten Tanah Datar.
PPID Utama
Adriyanti Rustam dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam
rangka melakukan evaluasi dan inventarisir terhadap pelaksanaan keterbukaan
informasi selama tahun 2016. “dalam tahun 2016 ini, kami merasa sedikit
kurangnya perhatian seluruh perangkat PPID ini dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya dalam mendukung keterbukaan informasi, kami menyadari terkadang
itu terjadi karena tidak adanya petugas khusus yang ditempatkan menanganinya”
ujar Adriyanti.
Adriyanti
berharap ke depannya PPID mempunyai petugas khusus, terutama menangani Website
sebagai salah satu sarana dalam menunjang kinerja PPID. “PPID merupakan bentuk
penerapan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi
(KIP), dan Website merupakan satu sarana utama dalam menunjang KIP yang
membutuhkan tenaga ahli dan khusus dalam melaksanakannya” sampainya.
Sementara
itu Sekda diwakili Asisten Administrasi Azwar R menyampaikan, disamping untuk
evaluasi dan inventarisir permasalahan PPID kegiatan hari ini juga sebagai
sarana untuk sharing informasi dan mendengar masukan dari PPID pembantu guna
meningkatkan pelaksanaan tugas PPID masa mendatang. “Sekretariat PPID pada
bagian Humas sudah mempunyai Bank Data yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan
data PPID, sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan kita tidak perlu repot lagi
memintanya ke instansi terkait, namun tentu kita membutuhkan kerjasama PPID
Pembantu untuk memasukan data ke Bank Data tersebut” sampai Azwar.
Azwar R
menyampaikan tentang rencana ke depan dimana acara puncak pemeringkatan Badan
Publik tahun 2017 oleh Komisi Informasi Sumbar akan dilaksanakan di Tanah
Datar. “Direncanakan acara ini dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung dengan
menghadirkan undangan dari 33 Propinsi di Indonesia, dengan kata lain ini
merupakan kegiatan berskala nasional, tentu butuh kerjasama kita semua untuk mensukseskan
itu ke depan” sampainya.
Rencana ke
depannya kata Azwar, akan melaksanakan sosialisasi dan pembentukan PPID sampai
ke tingkat nagari. “berdasarkan evaluasi kegiatan sosialisasi kepada perangkat
nagari beberapa waktu lalu, nagari sebagai garda ke depan memang dibutuhkan
untuk melaksanakan Keterbukaan Informasi ini, apalagi tahun 2017 setiap nagari
diwajibkan memiliki website sendiri” pungkas Azwar R.(alinurdin)
No comments: