Breaking News
recent

Guna intentarisir dan Evaluasi Kinerja selama 2016 PPID SE - TANAH DATAR LAKSANAKAN RAKOR







Tanah Datar.
Guna mengevaluasi dan menginventarisir permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan keterbukaan informasi di Kabupaten Tanah Datar, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama melalui Bagian Humas Setda Tanah Datar melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) dengan seluruh perangkat PPID, Selasa (29/11/2016) di aula eksekutif kantor Bupati di Pagaruyung.
Rakor dipimpin Sekretaris Daerah diwakili Asisten Administrasi Umum Azwar R didampingi asisten Ekobang Helfy Rahmi Harun, Kadis Hubkominfo Abrar selaku tim pertimbangan pelayanan informasi, PPID Utama sekaligus Kabag Humas Adriyanti Rustam dan dihadiri seluruh PPID Pembantu se Kabupaten Tanah Datar.
PPID Utama Adriyanti Rustam dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan evaluasi dan inventarisir terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi selama tahun 2016. “dalam tahun 2016 ini, kami merasa sedikit kurangnya perhatian seluruh perangkat PPID ini dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam mendukung keterbukaan informasi, kami menyadari terkadang itu terjadi karena tidak adanya petugas khusus yang ditempatkan menanganinya” ujar Adriyanti.
Adriyanti berharap ke depannya PPID mempunyai petugas khusus, terutama menangani Website sebagai salah satu sarana dalam menunjang kinerja PPID. “PPID merupakan bentuk penerapan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi (KIP), dan Website merupakan satu sarana utama dalam menunjang KIP yang membutuhkan tenaga ahli dan khusus dalam melaksanakannya” sampainya.
Sementara  itu Sekda diwakili Asisten Administrasi Azwar R menyampaikan, disamping untuk evaluasi dan inventarisir permasalahan PPID kegiatan hari ini juga sebagai sarana untuk sharing informasi dan mendengar masukan dari PPID pembantu guna meningkatkan pelaksanaan tugas PPID masa mendatang. “Sekretariat PPID pada bagian Humas sudah mempunyai Bank Data yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data PPID, sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan kita tidak perlu repot lagi memintanya ke instansi terkait, namun tentu kita membutuhkan kerjasama PPID Pembantu untuk memasukan data ke Bank Data tersebut” sampai Azwar.
Azwar R menyampaikan tentang rencana ke depan dimana acara puncak pemeringkatan Badan Publik tahun 2017 oleh Komisi Informasi Sumbar akan dilaksanakan di Tanah Datar. “Direncanakan acara ini dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung dengan menghadirkan undangan dari 33 Propinsi di Indonesia, dengan kata lain ini merupakan kegiatan berskala nasional, tentu butuh kerjasama kita semua untuk mensukseskan itu ke depan” sampainya.

Rencana ke depannya kata Azwar, akan melaksanakan sosialisasi dan pembentukan PPID sampai ke tingkat nagari. “berdasarkan evaluasi kegiatan sosialisasi kepada perangkat nagari beberapa waktu lalu, nagari sebagai garda ke depan memang dibutuhkan untuk melaksanakan Keterbukaan Informasi ini, apalagi tahun 2017 setiap nagari diwajibkan memiliki website sendiri” pungkas Azwar R.(alinurdin)

No comments:

Powered by Blogger.